Perayaan puncak HUT Indonesion Air Force TNI AU 72 Tahun 2018 tampil sederhana

Sorot surabaya- Acara puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke-72 digelar secara sederhana, di Lapangan Pangkalan TNI AU yang ada di Jalan Raya Juanda, Senin (9/4). Upacara yang dipimpin langsung oleh Kadis Ops Lanud TNI AU Surabaya, Letnan Kolonel Pom Muhammad Rudi berlansung khidmad.

Tidak ada atraksi udara atau acara luar biasa dalam kegiatan ini. Hanya upacara peringatan HUT ke-72 TNI AU yang kemudian disusul pemotongan tumpeng, pembagian hadiah untuk para pemenang lomba, serta makan bersama dengan iringan orkes melayu sebagai hiburan.

Dalam sambutannnya, Letkol Pom Muhammad Rudi mengatakan meskipun perayaan dalam kesederhanaan namun tidak semerta merta mengurangi kesakralan peringatan hari jadi TNI AU ini. Ia berharap diusia ke-72 ini kinerja dari seluruh prajurit TNI AU semakin mengedepankan profesionalisme serta menjaga marwah TNI AU. “Usia yang sudah tidak lagi muda, jadi kita jaga bersama sama marwah TNI AU ini agar lebih baik lagi kedepannya,” terangnya, Senin (9/4).

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan pemotongan tumpeng. Letnan Kolonel Pom Muhammad Rudi bersama istri memberikan potongan tumpeng pertama kepada Pratu Reza, anggota Senkom Lanud Surabaya yang baru saja menjadi juara 1 taekwondo Piala Wali Kota Surabaya.

Rudi mengatakan beberapa acara yang masuk dalam rangkaian hari Jadi TNI AU ini sendiri sudah sukses digelar. Dimana berbagai macam kegiatan seerti bakti sosial serta lomba antar kesatuan. “Dengan begitu semakin mempererat hubungan antar prajurit akan semakin lebih baik lagi,” ucapnya.

Berbagai kegiatan itu, antara lain donor darah, anjangsana ke purnawirawan dan warakawuri, ziarah ke taman makam pahlawan 10 November, serta sejumlah kegiatan sosial lain.

Sedangkan untuk menyemarakkan kegiatan, beberapa lomba antarsatuan juga digelar. Diantaranya, lomba voli, tenis, lomba bulu tangkis dan sejumlah perlombaan lain.

Bukan hanya di Surabaya, peringatan HUT ke-72 TNI Angkatan Udara Tahun 2018 yang dipusatkan di Lanud Halim Perdana Kusuma juga dilaksanakan secara sederhana.

Sebagaimana sambutan Kepala Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, yang dibacakan oleh Kadis Ops Lanud TNI AU Surabaya Letnan Kolonel Pom Muhammad Rudi, dalam upacara di
Lapangan Pangkalan TNI AU di jalan Juanda Sidoarjo.

Di Halim Perdanakusuma, acara juga digelar sederhana berupa upacara dan defile tanpa menampilkan demo udara. Konsep peringatan kali ini dengan mengadakan kegiatan “Pesta Rakyat” sebagai refleksi hubungan kedekatan TNI AU dengan rakyat. (sr/red)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register