Kendati Seluruh Aset YKP Dan PT. YEKAPE Diserahkan Pihak Kejati Tetap Memburu Para Koruptor Yang Merugikan Negara

SARTONO. SH KETUA DEWAN PEMBINA YKP


Sorot surabaya – Pengurus Yayasan Kas Pembangunan (YKP) akhirnya dengan lapang dada dan legowo   Lewat ketua Dewan Pembina YKP Sartono,SH .

Menyatakan segera mengundurkan diri dari pengurus dan menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE kepada Pemkot.
Pernyataan Sartono itu disampaikan sebelum diperiksa tim penyidik Kejati Jatim kemarin (26/6). Didampingi anggota dewan pembina Chiorul Huda, Sartono sekaligus menyerahkan surat pernyataan pembina YKP yang ditanda tangani seluruh anggota dewan pengurus.


“Kami sepakat dan akan segera mengundurkan diri dari pembina Yayasan. Dan sekaligus menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE kepada Pemkot melalui Kejati Jatim ” kata Sartono.
Ditanya alasan pengunduran diri dan penyerahan aset, Sartono mengaku para pembina sudah lanjut usia. “Usia .saya sendiri sudah berumur  81 tahun, sudah saatnya mundur. Dan selama ini kami mengelola YKP karena waktu itu ditunjuk oleh almarhum walikota Soenarto ( almarhum) “tuturnya.


Terpisah ketika dikonfirmasi ke Aspidsus Kejati Jatim Didik Farkhan membenarkan pernyataan Sartono itu. “Benar kami telah menerima surat pernyataan dari ketua pembina YKP. Intinya para pembina akan mengundurkan diri dan segera menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE ke Pemkot Surabaya, ” terang Didik.


Meski telah ada rencana penyerahan pengelolan dan aset YKP dan PT YEKAPE, pihak Kejati akan tetap meneruskan penyidikan. “Penyidikan tetap berjalan. Kita sudah minta tolong BPKP agar mengaudit semua asetnya. Biar diketahui pasti kekayaan YKP dan PT. YEKAPE,”jelas Didik.


Jadwal pemeriksaan, lanjut Didik juga terus berlanjut. Seperti hari ini Tim penyidik telah memeriksa mantan pengurus YKP Sukarjo dan Suryo Harjono. Mereka diperiksa selama 6 Jam. Ada sekitar 20 pertanyaan yang diajukan penyidik.


Di tempat terpisah, hari ini tim penyidik dibantu BPN kota Surabaya juga telah melakukan penyisiran on the spot terhadap beberapa titik aset YKP dan PT. YEKAPE. “Pokoknya penyidikan terus berjalan. Termasuk rencana pemanggilan beberapa pihak yang akan diperiksa minggu depan,” “jelas Didik.( red)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register