Mbah Sonhaji Mampu Melihat Ka’bah Dari Mihrab Masjid Sunan Ampel Surabaya

Masjid Sunan Ampel Suasana Malam Hari

Sorot surabaya – pemuda pemudi yang tergabung dalam anggota remaja masjid ( remas) melaksanakan berziarah ke masjid sunan ampel di jl. Ampel masjid no.43 semampir surabaya. guna mengirim doa kepada wali allah yang di kenal dengan sayyid ali rahmatullah (sunan ampel ) .kamis 16/11/2017

Masjid Sunan Ampel di dirikan pada tahun 1412 M oleh Sayyid Ali Rahmatullah, atau yang dikenal dengan Sunan Ampel dalam pembangunan Masjid Ampel cukup menarik arsitektur nya mengandung cerita mistik banyak di minati para peziarah dari seluruh nusantara bahkan men dunia.

Sejarah masjid ampel itu, Sunan Ampel dibantu oleh santri-santrinya dan dua sahabatnya, yaitu Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji (Mbah Bolong). Banyak cerita mistis seputar dua orang sahabat Sunan Ampel itu.Mbah Sholeh meninggal dunia hingga delapan kali. Setiap kali ia meninggal dunia dan namanya disebut oleh Sunan Ampel, Mbah Sholeh bangkit kembali dari kuburnya.

Sehingga kuburannya pun berjumlah delapan. Demikian juga, dengan Mbah Sonhaji yang bergelar Mbah Bolong. Gelar tersebut yang kini disandang kepadanya karena mampu melihat Ka’bah dari mihrab masjid yang sengaja di-bolongi (dilobangi) dengan tongkat kayunya untuk menentukan ketepatan arah kiblat.

Jumlah peziarah di Masjid Sunan Ampel mencapai 10 ribuan lebih hingga 15 ribu orang pada saat hari hari besar umat islam, mbah sholeh dan mbah bolong itu Tokoh mistis di Masjid Ampel tidak dapat dipisahkan. Masing-masing memberikan ajaran moral dan religius bagi masyarakat luas” apalagi kita sebagai masyarakat sekitar pak yang hanya berjualan bibit minyak alhamdulillah bisa menghidupi keluarga 4 orang anak syukur alhamdulillah barokah nya mbah sunan ” kata abdul rohman (36) salah satu penjual disekitar masjid ampel kamis 16/11/17

nilai-nilai di balik bentuk atap tersebut kental dengan ajaran Islam. Tiga tingkat bermakna sebagai Islam, iman, dan ihsan adalah kesempurnaan inti dari ajaran agama yang dibawa oleh Rasulullah swt, pesan sejarah keagamaan yang dalam dan harus diungkap sebagai pengetahuan bagi masyarakat luas.
(Red/prz)

redaksi883 Posts

Sekilas prolog Sorottransx dibuat pada tanggal 24 Oktober 2017 di Surabaya,berbadan hukum PT GRAHA SOROT MEDIA mengaten.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register