Polresta Sidoarjo Giat Simulasi Sispamkota Jelang Penghelatan Pilgub Jatim Tahun 2018

 

 

Sorot sidoarjo – Kegiatan polresta sidoarjo jawa timur (jatim ) dalam rangka penyambutan pilkada 2018 , simulasi Sispamkota yang digelar Polresta Sidoarjo menjelang perhelatan Pilgub Jatim 2018. Semua satuan dilibatkan, sebanyak 1050 personil termasuk reserse, lantas, Sabhara, intelkam, polsek-polsek dan satuan yang terlibat diwilayah sidoarjo

Ratusan masa membakar ban dan melawan petugas untuk memprotes  kebijakan KPU yang tidak netral dalam Pilkada. Kegiatan itu hanya antisipasi dan menanggulangi gangguan kamtibmas dalam rangka menghadapi pilkada serentak tahun 2018.

Bentrokan tersebut merupakan bagian dari latihan Sispamkota yang digelar Polresta Sidoarjo menjelang perhelatan Pilgub Jatim 2018. Semua satuan dilibatkan, sebanyak 1050 personil termasuk reserse, lantas, Sabhara, intelkam, polsek-polsek dan satuan lain.

Simulasi adegan yang pertama dengan pengawalan distribusi logistik pemilu oleh petugas. Dalam perjalanan, seolah-olah ban mobil  pengangkut logiatik bocor. Di sela upaya perbaikan, datang dua pengacau hingga terjadi duel dengan petugas kemanan.

Pengacau berhasil diringkus, kemudian dilanjutkan simulasi sterilisasi lokasi kampanye menggunakan anjing k9 spesialis bahan peledak, yang disambung simulasi kampanye pasangan calon.

Lagi-lagi terjadi kericuhan dan polisi yang bertugas mengamankan calon harus berduel dengan beberapa warga. Tak berhenti di situ, kerusuhan berlanjut dengan kejar-kejaran mobil perusuh bersenjata parang dengan petugas patwal.

Duel kembali terjadi di tengah alun-alun dan banyak menyita perhatian masyarakat setempat. Dua orang yang beraksi tersebut juga berghasil  diringkus petugas. Dan simulasi dilanjutkan proses pencopotan alat peraga. Kali ini ada duel warga yang menghalangi dengan petugas Satpol PP.

Puncaknya, kericuhan parah terjadi saat ratusan warga menolak hasil rekapitulasi suara di KPU. Mereka berdemonstrasi dan melawan petugas yang melakukan pengamanan. Sabhara, Brimob, hingga Mobil Water Canon dikerahkan untuk membubarkan massa.

Bentrok fisik terjadi pada saat masa akan menyerbu KPU, masa meminta penyelenggaraan pencoblosan diulang. aksi ratusan warga juga membakar ban, melempari petugas dengan kayu dan berbagai botol minuman. Suasana yang semakin tak terkendali inilah yang paling banyak menyita perhatian warga sekitar,meskipun hingga saat ini di wilayah Sidoarjo kondusif. Harus tetap waspada dengan cara melakukan simulasi ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada saat Pilkada nanti.

“Ini salah satu bentuk persiapan kami menjelang pelaksanaan Pilkada serentak. Semua potensi kerawanan di setiap tahapan pilkada dan upaya pengamanannya kita simulasika di sini,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, kepada awak media  Selasa (20/2/2018).

“Semua personil Polresta Sidoarjo siap untuk pengamanan sispam kota dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Sidoarjo,” jelasnya.

antisipasi kerawanan disetiap tahapan Pilkada, serta lakukan potensi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi Babinkamtibmas, sehingga setiap permasalahan dapat segera terselesaikan,”imbubnya ( red )

redaksi1074 Posts

Sekilas prolog Sorottransx dibuat pada tanggal 24 Oktober 2017 di Surabaya,berbadan hukum PT GRAHA SOROT MEDIA Update berita politik hukum & kriminal setiap hari di surabaya jawa timur.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register