Mahasiswa Yang Tergabung Dalam PMK Batabual Mendesak Pemerinrah Maluku Serius Perbaiki Insfrastruktur

Sorot maluku – Senin (16/7) Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Kecamatan (PMK) Batabual melakukan demo atau orasi  terkait insfrastuktur kawasan batabual yang sampai saat ini belum di sentuh langsung oleh Pemprov maluku.
Demo yang dipimin oleh kordinator Lapangan (korlap )  Ardi Septian Labalawa ini dilakukan sejak pukul 10,20 -01,30 ,dan aksi serupa ini sudah untuk yang ketiga kalinya dilaksanakan di rute dan lokasi yang sama.
Rute aksi yang dilakukan di tiga instansi yaitu Kantor DPRD provinsi Kantor Gubernur maluku ,dan Kantor PU provinsi Maluku.Aksi bermula di depan kantor DPRD provinsi maluku sekitar satu jam.
Mereka mendesak pihak DPRD provinsi maluku agar dapat mengusulkan dan segera merealisasikan anggaran pembagunan pasa kususnya jalan lintas kec.batabual, baik pada pembahasan anggaran perubahan tahun 2018 maupun pembahasan APBD murni tahun 2019. aksi sesaat dihentikan setelah pihak DPRD dalam hal ini mewakili ketua DPRD provinsi menjelaskan tentang sejauh mana telah di usulkan oleh pihak DPRD.
Kemudian mereka melanjutkan aksi di depan kantor Gubernur Maluku ,aksi yang di kordinir oleh Ardi Septian Labalawa ini di respon baik oleh Wakil Gubernur maluku , Zeth Sahuburua yang mewakili Gubernur Maluku Sait Assagaf .mereka di minta delapan orang mewakili para demonstran untuk bertemu langsung di dalam ruangan agar mendengar langsung respon dari Wakil Gubernur tersebut.
Dalam penyampaiannya beliau berjanji akan segera mengusahakan semaksimal mungkin agar akses transportasi berupa jalan lintas kec.batabual segera di kerjakan dengan menggunakan  anggaran tahun 2018 maupun APBD murni tahun 2019. Sekitar dua jam mereka melakukan dialog dan  tanya jawab langsung dengan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua.
Tidak cukup sampai disitu saja pada pendemo melanjutkan aksinya di rute terakhir Kantor PU provinsi Maluku.
dalam orasi singkat salah satu demonstran di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), provinsi maluku, mendesak  pihak balai jalan dan jembatan agar dapat mengambil langkah penyelesaian persoalan jalan lintas kecamatan batabual serta jembatan pada beberapa sungai di kecamatan batabual ,karena daerah kec.batabual merupakan salah satu jalur yang dapat menghubungkan antara kabupaten buru dan Buru selatan.
Merekapun menegaskan bahwa apabila pernyataan sikap ini tidak di indahkan dan tidak di realisasikan maka mereka akan mengakomodir seluruh mahasiswa yang ada khususnya dari pulau buru serta elemen masyarkat agar melakukuan aksi lebih besar .sebab kondisi jalan yang kerap menelan korban yang cukup banyak di akibatkan oleh derasnya arus sungai yang menutupi ruas jalan namun sampai saat ini pemerintah Provinsi masi saja diduga tutup mata dari tahun 2013 – 2018 hingga berita ini diturunkan belum adanya perhatian yang serius dari pemerintah provinsi maluku terhadap jalan lintas Batabual-waeyapo.
Sehingga tidak ada akses atau trasportasi darat  ysng memadai dan layak ” Ungkap salah satu peserta demo.
Dengan  tidaknya respon oleh pegawai dinas PU provinsi Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Batabual, terus menjalankan aksinya sekitar tiga jam di depan kantor PU provinsi ini dan pada akhirnya mereka menerobos masuk kedalam kantor ,meski di halangi pihak kepolisian namun mereka berinisiatif untuk menerobos masuk hingga di perbolehkan oleh pegawai kantor dinas PU.
Kepala dinas PU provinsi maluku yang katanya sibuk ,akhirnya di wakili oleh Sekertaris PU provinsi, untuk memberikan keterangan terkait pembangunan jalan kec.batabual .
Beliau dalam hal ini mengatakan, bahwa kami akan segera mengupayakan pembagunan insprastruktur berupa jalan dan jembatan agar masyarakat kecamatan batabual bisa melakukan rutinitas selayakya di daerah lain. Ujar , M.Sapihu.SH.M.Si. selaku sekertaris dinas PU provinsi.
Seusai dialog  langsung dengan para Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Batabual ini ,kemudian para pendemo membubarkan diri dengan tertib dan santun tanpa adanya tindakan yang anarkis atau  merusak fasilitas negara   (Ed )

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register