Ondel Ondel Budaya leluhur Betawi Jangan Di Obral Murah Dijalanan

ONDEL ONDEL ASLI BETAWI


” DIDUGA KESENIAN ONDEL ONDEL DISALAHKAN GUNAKAN UNTUK MENGAMEN ATAU MEMINTA MINTA  DIJALANAN YANG KEBERADAANNYA MENGGANGGU AKSES JALAN UMUM “

Sorot jakarta -Salah satu budaya seni yang ada di negeri ini Adalah ondel ondel dari daerah betawi, yakni boneka yg cukup besar yg ukuran nya mencapai sekitar dua meteran bahkan lebih….

Wajahnya yg menyeramkan berkumis tebal mata melotot dgn pakaian yg khas..daerah Jakarta merupakan simbol kebudayaan leluhur turun temurun..

Dahulu Ondel ondel sering di pergunakan hanya dalam acara acara resmi saja misal di pemerintahan,pesta rakyat,perkawinan,sunatan ,dll..

Ini adalah salah satu bentuk /cara untuk melestarikan kebudayaan daerah asal betawi Jakarta,sehingga keberadaannya sampai saat ini tidak tergerus oleh kebudayaan asing yg kian hari kian merajalela..dan meracuni generasi muda bangsa.

Tentu nya kita semua bangga  sebagai putra bangsa , yang masih mempertahankan kebudayaan leluhur sama artinya, jati diri dan karakter sebagai bangsa tetap terjaga.

Seiring berjalannya waktu kian hari keberadaan Ondel ondel  semakin memprihatinkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab seni ondel ondel ini duduga untuk mengamen atau meminta minta   mutar mutar dikampung kampung dikawasan jakarta.


PENDAPAT WARGA
Wartawan media ini mencoba mewawancarai beberapa warga dilokasi adanya ondel ondel  :terkait ondel ondel yg di pergunakan untuk alat mengamen yg di jajahkan di pinngiran jalan di pasar pasar,di maal ,bahkan di pemukiman padat penduduk, kebanyakan anak usia muda bahkan di bahwa umur sering kali  keberadaannya mengganggu arus lalin,dan ada beberapa juga yg memaksa untuk minta di berikan imbalannya.

Menurut keterangan salah satu pengamen ondel ondel bahwa dia harus setor Rp 100  ribu dalam sehari  untuk sepasang ondel ondel+alat musik pengiringnya..wooow lumayan besar ya ” .

Mohon sekiranya pihak Disparbud DKI lebih Arif untuk menertibkan dan melihat kenyataan yg terjadi..Bahwa simbol simbol budaya mesti di letakan di posisi yg terhormat karna kebudayan adalah jati diri suatu bangsa ..Serta kekayaan yg tak ternilai harganya. ( garis )

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register