Yusril Tekankan Agar Majelis Hakim Ane Mengundurkan Diri Dari Persidangan

Sorot surabaya – Sidang perkara dugaan penipuan dan penggelapan saham Gala Megah Invesment Joint Operation (GMI-JO), Henry Jocosity Gunawan alias Cen Liang, Direktur Utama PT Gala Bumi Perkasa (GBP) berjalan sedikit tegang.

Pasalnya, Penasehat Hukum terdakwa Yusril Ihza Mahendra memohon agar majlis hakim yang diketuai oleh Ketua Majlis Anne Rusiana dalam perkara ini untuk segera mengundurkan diri.

Tak hanya itu, sebelum ada keputusan penetapan dari Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Surabaya terkait permohonan pergantian majlis hakim, Yusril meminta agar persidangan ini ditunda hingga mendapat penetapan dari KPN.

“Pada Pasal 220 ayat 1 KUHAP berbunyi Tiada seorang hakim pun diperkenankan mengadili suatu perkara yang ia sendiri berkepentingan, baik langsung maupun tidak langsung” ujar Yusril Ihza Mahendra diruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya.

Yusril menambahkan, jika dirinya bersama rekan penasehat hukum terdakwa telah menemui keraguan dan perbedaan pendapat sebagaimana dimaksud dalam pasal 220 ayat 3 KUHAP.

“Jelas bagi kami, pada pasal 220 ayat 3 KUHAP Apabila ada keraguan atau perbedaan pendapat mengenai hal sebagaimana dimaksud dalam ayat 1, maka pejabat pengadilan yang berwenang yang menetapkannya” ujarnya

Sembari menunggu keputusan penetapan pergantian hakim dari KPN, Ketua Majlis Anne Rusiana beserta hakim anggota sepakat untuk menunda persidangan yang akan digelar kembali pada hari Senin (1/10) mendatang.

Usai sidang konfirmasi ke ketua pengadilan bapak Sujatmiko terkait adanya kuasa hukum Henry meminta agar hakim majelis Ane diganti, karena diduga sudah tidak obyektif lagi dalam memimpin perkara, berikut pernyataan ketua pengadilan negeri ” sah sah saja penasehat hukum mengajukan agar ketua majelis hakim diganti, yang jelas untuk jawabannya sudah dibuatkan sore iini (27/9) dan besuk sudah dkirimkan ” jelas ketua pengadilan Negeri Surabaya Sujatmiko ( red)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register