Sidang Dugaan Pemalsuan Dokumen, PH Terdakwa Hadirkan Ketua Koperasi Rosan Mapan

Sorot surabaya – Sidang lanjutan perkara dugaan pemalsuan dokumen dengan dua orang terdakwa Roosdiana dan Arys Kurniawan selalu Komisaris dan Direktur PT Agro Mulya Jaya (AMJ), digelar diruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu(16/3/2022).

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Selamet Supriyadi SH dengan JPU Darwis dari Kemarin Tanjung Perak, kali ini beragendakan keterangan saksi A de Charge bernama Pungkasiadi ketua koperasi Rosan Mapan PTPN 10 Gempol Kerep Mojokerto.

Dalam keterangan saksi Pungkasiadi mengatakan, bahwa saksi adalah ketua koperasi Rosan Mapan PTPN 10 Gempol Kerep Mojokerto yang mempunyai anggota sekitar 10 koperasi. Perihal dana talangan, setau saya, kita kerjasama PT Agro.

“Karena yang akrab ditelinga para pertani adalah PT Agro, kalau CV Rukun Makmur tidak ada tidak pernah dengar. “ucap Saksi Pungkasiadi saat memberikan keterangan dihadapan majelis hakim.

Saat JPU menanyakan detail perihal nama PT saat awal kerjasama pada saat musim giling, apakah PT AMJ, PT SL atau CV Rosan Mapan. “Jadi di DO petani itu munculnya perkoperasi, untuk nama administrasi semuanya di PG itu, bernama Rosan Mapan. Dan itu hanya atas nama saja, lalu dibagi ke kelompok petani.” terang saksi.

Jadi, dana talangan tidak menyerahkan Gula, lanjut Saksi Pungkasiadi, jadi hanya berupa RAB dan kuantunya berapa?.

JPU kembali menanyakan, setiap kali melakukan lelang, apakah pemenangnya selalu PT AMJ. “Belum tentu, bapak.” sahut saksi.

Masih kata JPU Darwis, sudah berapa dana yang dikeluarkan oleh PT AMJ untuk 30 koperasi yang ada di PG Gempol Kerep.

“Memang di PG Gempol Kerep ada 30 koperasikoperasi. Tapi yang gabung dengan saya, ada 9-10 koperasi. Untuk dana satu musim giling sekitar Rp 300 miliar dan itu untuk 10 koperasi.” paparnya.

Lebih lanjut saksi menerangkan, untuk harga dasarnya dari petani, seingat saya yaitu Rp 8,100 kadang-kadang juga lakunya Rp 8,300. “Artinya setelah dibayar lunas DO dari petani dikasihkan ke CV Rosan Mapan,” pungkasnya. ( red )

redaksi1484 Posts

Sekilas prolog Sorottransx dibuat pada tanggal 24 Oktober 2017 di Surabaya,berbadan hukum PT GRAHA SOROT MEDIA Update berita politik hukum & kriminal setiap hari di surabaya jawa timur.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register