Sidang Lanjutan Dugaan Pencabulan Yang Dilakukan Pendeta HL Lima Saksi Tidak Hadir Di Persidangan

 

Sorot surabaya – sidang lanjutan perkara dugaan pencabulan yang dilakukan pendeta HL terhadap salah satu Jemaatnya kembali digelar diruang cakra pengadilan negeri surabaya (23/7).

Sidang Kali ini masih mengagendakan atau mendengarkan keterangan saksi.
ada 5 saksi yang seharusnya datang dipersidangan namun kelima saksi tersebut semuanya tidak hadir kendati sudah dipanggil 3 kali secara patut oleh JPU.

Seusai sidang yang digelar secara tertutup Kuasa Hukum HL Abdulrahman Saleh, SH. mengatakan sidang hari ini masih mendengarkan keterangan saksi, tadi ada lima saksi namun semuanya tidak bisa hadir, dan keterangan saksi tadi dibacakan oleh jaksa, ucap Abdulrahman Kamis (23/7)

Masih pernyataan Abdulrahman, terkait seberapa jauh pembuktian Hukumnya, dalam hal ini hakim yang akan mempertimbangkan kwalitas pembuktian Hukum dengan tidak hadirnya para saksi, itu nanti hakim yang akan menilai kwalitas Hukumnya, mangkanya saya tidak menolak dengan dibacakannya pernyataan dibacakannya ke 5 saksi tadi, karena memang sudah sesuai dengan KUHP.

Lanjut Rahman, selama ini semua saksi yang dihadirkan dipersidangan tidak pernah melihat terjadinya peristiwa pidana, maka dari itu hakim dalam hal ini harus benar benar jeli menilai pembuktian Hukumnya, ini adalah rangkaian peristiwa Hukum dan bukan opini, memang pengakuan merupakan salah satunya alat bukti sesuai ketentuan KUHAP.

Tetapi pengakuan tersebut harus diuji dengan alat bukti yang lain, seberapa jauh kebenaran dari pengakuan saksi BAP dalam fakta persidangan, karena berita acara pemeriksaan (BAP) adalah rumusan hukum, kontruksi hukum yang dibangun oleh penyidik lalu dirumuskan oleh JPU untuk dihadapkan kepada hakim dimuka persidangan, bahwa ada peristiwa pidana tapi peristiwa itu tentunya harus diuji secara hukum.

Terkait konfrontasi hukum terhadap saksi penyidik ,saya tidak menyinggung lagi dipersidangan karena kesaksian-kesaksian yang disampaikan dalam BAP kepolisian adalah kesaksian hukum yang tidak boleh dirubah, tentunya hakim akan memakai kesaksian yang ada dipersidangan” Ungkapnya.

Untuk diketahui kesaksian para saksi yang dihadirkan JPU ada beberapa yang membatalkan kesaksian ketika di BAP kepolisian ,dan kesaksian yang ia pakai adalah keterangan yang telah disampaikan didalam fakta persidangan .

Agenda sidang kamis depan adalah masih mendengarkan keterangan saksi, yakni 2 saksi ahli dari Unair surabaya yang dihadirkan JPU ” pungkas Abdulrahman Saleh SH. ( red )

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register