Ketua Pengadilan Negeri Harus Tindak Oknum Hakim Diduga Melanggar Tata Tertib Dan Etika Persidangan 

Benhad Manurung SH : ”  PERSIDANGAN PIDANA TADI TIDAK SESUAI  DENGAN KUHAP ,PERMA  DAN SEMA “KARENA NARKOBA ADALAH KEJAHATAN YANG SANGAT LUAR BIASA “

Sorot Surabaya – Ada yang menarik dalam sidang perdana pasca hari raya idul Fitri Selasa ( 26/5 ) ,dalam sidang telekonfrece perkara narkoba kali ini,disamping pengadilan masih sepi dan sedikit wartawan ,majelis hakim  Hanung dan JPU Samsu diduga sepakat menyidangkan pelaku pengedar narkoba secara singkat dan cepat.

Agenda sidang pada hari ini Selasa (26/5)langsung tancap gas layaknya sidang pidana singkat yakni  pembacaan surat dakwaan oleh JPU Samsu dari Kejari Surabaya ,pemeriksaan satu saksi penangkap,pemeriksaan terdakwa , tuntutan JPU,dan PH terdakwa minta waktu satu Minggu untuk melakukan pembelaan ,tak ayal sidang harus ditunda pekan depan.

Sehingga tata cara bersidang hari ini bisa dibilang tidak  sesuai dengan KUHAP ,Perma dan Sema pastinya melanggar tata tertib persidangan ” jelas Benhad Manurung SH advokad senior dan juga praktisi hukum ini yang kebetulan juga menyaksikan proses persidangan kepada wartawan media ini .

Lanjut Benhad ,kasihan terdakwanya dimana haknya sebagai terdakwa dan keadilannya,jaksa bertindak atas nama negara harusnya memperhatikan itu.

Kalau saya amati tadi adanya pelanggaran tata tertib dan pelanggaran etika bersidang ,ketua PN harus tindak itu ” tegas Benhad.

Karena pidana itu didalam fakta persidangan mencari kebenaran materiil dan formil jadi nggak bisa begitu saja cara bersidangnya.

Terdakwa Nurdiantoro ( 33 ) pengedar narkoba warga kampung malang Surabaya dijadwalkan hari ini menjalani sidang perdana dalam perkara narkoba.

Terdakwa dalam surat dakwaan JPU Samsu nomor  register perkara : PDM- 164/Enz.2/03/2020 didakwa melanggar pasal 114 ayat (2) pasal 112 ayat ( 2) Jo pasal 132 Undang Undang no 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Ketika ditangkap petugas kepolisian (23/1/20 ) diamankan barang bukti dari rumah terdakwa sebanyak 12 poker sabut siap edar yang bervariasi beratnya,alat timbangan elektronik,dan lainnya.

Sidang ditunda pekan depan dengan agenda pledoi dari kuasa hukum terdakwa  ( red )

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register